Pages

Kamis, 05 Mei 2011

I Believe ....

Entah layak  atau tidak, aku seperti mendapat kepuasan tersendiri, acapkali bilang pada kepadanya, “I Believe”, sebab pengertiannya amat luas, dan disetiap harinya aku selalu saja menemukan hal-hal yang baru yang menakjubkan, dan bukan hanya sekali saja, aku tersipu sendiri, manakala menjumpai insiden yang ternyata mirip dengan apa sering di ucapkan guruku. 

Guru ku tak semata menjelaskan, meredam semua ketidak-mengertianku, akan tetapi dia juga seperti membiarkanku mencari wacana lain di luar, sebagai bahan komparasi dan acuanku menyerap pemahaman untuk lebih dekat lagi dengan yang Maha Suci dan Agung, Allahu Subhannallahu wa Ta`alaa.

Satu hari dia bilang, “Buku yang sedang kamu baca, nantinya akan menjadi cermin dari perjalanan hidup mu”
Nyatanya dia benar, (lagi-lagi dia telah mendahului kecepatan berfikirku), pagi itu aku menemukan penjelasan lewat sebuah buku karya prof Dasteghib/ Sayyid Abdul Husain Dasteghib, pada hal  94 tentang `Kestabilan Jiwa di kala Marah`, aku berulang-ulang mengangguk-anggukkan kepalaku sendiri, seolah mengiyakan semua pernyataan isi buku tersebut. Subhannallah, dan apa yang terjadi, Allah kembali menguji, menguji indikator ketahanan sang emo yang terkadang cenderung `ngenyel` ngotot bersarang di dada. 

Ceritanya begini :
Belum sampai 30 menit Abahku berangkat ke kantor, tiba2 dering bell jadul dari ponsel flexi ku berbunyi, diseberang sana, seorang lelaki bertanya, menanyakan suamiku, seketika kujawab, bahwa kini nomor yang dia tuju, telah menjadi nomor pribadiku dan kupersilakan, penelepon itu menghubungi ke flexi Abah langsung, lantas si lelaki itupun balas bertanya “ Nomornya bapak berapa buu..?”

Duuuh, ketara konyolnya, sekian detik aku terdiam, berusaha mengingat-ingat nomor flexi Abah, blaaaaaas  blank … L u p a a a a a,  kemudian dengan setengah tersipu, aku bergerak cepat “Sebentar yaa, Pak, saya ndak hafal nomor nya”, dan brrrr … swiiing.....!,  aku bergegas mencari ponselku yang satunya, celakanya insiden kedua muncul, ponsel low bat, sekali tekan, reup .. pareum, walaaaah …

Mataku menyambar mesin fax , aku ingat ada catatan2 nomor penting tersimpan dimesin itu, baru saja mau ku tekan tuts nya, yeyyyy mesin fax ikutan bleyon, seketika aku cabut kabel RJ, tukaran dengan kabel telp rumah, hasilnya tetap, display memory kosong, artinya something trouble, dadaku mulai sesak, serasa penuh, dan seperti habis lomba marathon, detak jantung mulai tak beraturan, tanpa sadar  keningku berkerut, dan bergumam sendirian,
“Tuuh kan Baah, kamu kok senang benar sih nyusahin aku, padahal sudah seminggu aku bolak balik bilang sama kamu, kabel RJ plus Roset kudu diganti”, sambil bergumam, aku masih berusaha tenang, kabel kupindahkan kembali kabel RJ ke line telepon rumah dan berharap bisa ku cari nomor flexi Abah, pada telepon rumah yang berfasilitas ID Called,  dan ……….tralala trilii,  batray telepon habis, sami mawon, display blank bin layar kosong. 

Allahu akbar .. , Astagfirllah, duuuh jangan marah, aku gak boleh marah, astaghfirllah … , 60 detik beristigfarr penuh, tiba2 ekor mataku menyambar ponsel putri kembarku, diujung kiri  mesin fax dan pesawat telepon, tergeletak sebuah buku berwarna putih dan hijau, ada ponsel anakku tepat disebelahnya, aku meraih buku tersebut, tangan sebelah kananku bekerja sama indera penglihatanku,  dengan kecepatan mata,  aku mencari-cari nomor suamiku, tiiing ......, dapat.!
Allhamdullilah, lelaki di ujung sana rupanyanya masih menunggu, “Yaa, haloo, oh yaaa yaa gak apa-apa buu, sama lah orang rumah juga suka gitu, berapaa…..? , terima kasih yaa buu”

                                                                *******************
Apa yang kumaknai disini adalah, bahwa ternyata untuk pekara sepele yang kemudian di beri bonus tambahan pekara-pekara kecil yang menyebalkan sering kali memicu emosi kita, artinya sangat tidak mudah untuk `setia` pada keteguhan ucapan sendiri, sering kita mendengar :
“Iya deh, aku mau sabar, gak lagi gampang marah” ,  atau, “Iya deh, aku mau berubah, tadi itu bla bla ..dsb” atau “ Yeeh kok sial benar sih, pagi ini ..?”, atau segudang alasan lain untuk membenarkan kita tidak bersalah, jadi ? yang salah siapa ..? 

Seseorang yang telah mengatakan `Hanya kepadaMu lah kami menyembah, hanya kepadaMU lah kamu meminta Pertolongan`, akan lupa akan kata-kata tersebut, manakala, rasa panik melanda diri lantas sikon menyeret kita pada rentetan kekonyolan yang sebenarnya adalah buah  dari sikap kita sendiri.
Konyol karena `lupa` mencatat dibenak nomor telepon anggota keluarga sendiri, `akh sayah mah udah tuwir, suka hese ngapalkeun nomor2 telepon` atau, `Iyaa nih, dasar Abah mah suka gitooh`. Aslinya adalah, Allah itu kerap menguji ketika `kesungguhan hati` tlah membulat menjadi tekad untuk perbaikan diri, dan biasanya pada proses perbaikan hati, ujian itu datang bertahap dari hal yang awalnya kita anggap biasa, kelalain diri yang dipaksakan `benar` oleh keegoan` kita sendiri. 

Terus..? percayakah kalian kenapa aku suka sekali bilang “I Believe”, karena NYATA, istigfarr itu dahsyat, hembus perlahan nafas kita, lalu mulai lah ucapkan Astaghfirllaaahaladzim … dengan perlahan berulang-ulang,  lalu perhatikan apa yang terjadi setelah itu …


Bandarlampung 3 Mei 2011

Damia B Gatimurni 

0 komentar:

Posting Komentar